THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

26 Agustus 2009

si OTITIS

Ini postingan kedua di hari ini..
jadi, Mama tercinta lagi sakit. [T.T] Dari hari ini udah nginep di RS. Insya Allah besok mau operasi.
(semoga Operasi berjalan lancar, Amiiin). Mama tersayang ini ada infeksi di tulang telinganya.
jadi kali ini, mau ngebahas tentang penyakit tersebut.
sesuai judul BLOG ini (apa, siapa, dimana, kapan, bagaimana) maka mari membahas dengan metode 5w+1H.. (ehh, judul blognya sih kurang 'why' hehe. jadi 4w+1h yak?)
oke, pertama
"APA ???":
infeksi ini disebut Otitis, yaitu infeksi pada telinga gitu.

DIMANA ???
Infeksi ini bisa ada di 3 bagian telinga, yaitu pada telinga luar, tengah dan dalam.

Telinga luar adalah bagian telinga yang tampak.

Telinga tengah adalah ruangan kecil yang ada tepat di belakang selaput gendang telinga.

dan telinga dalam terdiri dari cochlea dan labyrinth.

SIAPA ???

Infeksi telinga ini bisa terjadi pada siapa saja, tapi menurut beberapa artikel yang saya baca, banyak banget nyerang anak-anak. tapi banyak juga kok orang dewasa yang ngalamin, termasuk mama. hiks. cepet sembuh, Mama ..

BAGAIMANA ???

Infeksi ini bisa diakibatkan oleh adanya penyumbatan tuba eustakius, adanya cedera karena masuknya suatu benda asing ke dalam telinga, cedera karena perubahan tekanan udara yang tiba-tiba, luka bakar karena panas atau dari bahan/zat kimia.

tapi di kebanyakan kasus, orang mengalami infeksi paling banyak tu disebabkan oleh: sering ngorek telinga yang dalem !!! hati-hati deh ya buat ngorek telinga.. ^^

untuk mendeteksinya, dilakukan dengan CT Scan biasanya.. terus untuk pengobatannya, dokter akan membersihkan saluran telinga dengan menggunakan penghisap dan kapas kering. terus ke dalam telinga tengah dimasukin cairan asam asetat dan hydrocortisone. buat serangan lebih hebat, maka dilakukan pengobatan oral, dan untuk serangan hebat lagi dilakukan operasi gitu...

sedangkan untuk bagian "Kapan", kayanya mending saya bilang infeksi ini bisa terjadi kapan aja, karena kita ga akan pernah tau .. tul ga?
okai dewwh, mungkin segini aja dulu bahasannya, karena ga kerasa ternyata sekarang udah hampir jam setengah satu malem, sebentar lagi sahur dan besok pagi mau ke RS..
minta doanya aja ya semuanyaa..

love u, Mom....
^^

0 komentar:

Posting Komentar

Ucapan Terima Kasih yang sebesar-besarnya buat yang mau comment..